Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi penting yang diajarkan di
SD, karena bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat
pen-ting bagi kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran bahasa
Indonesia sebagai-mana dinyatakan oleh Akhadiah dkk. (1991: 1) adalah
agar siswa ”memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar
serta dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan situasi
dan tujuan berbahasa serta tingkat pengalaman siswa sekolah dasar”.
Dari penjelasan Akhadiah tersebut maka tujuan pembelajaran bahasa
Indonesia dapat dirumuskan menjadi empat bagian. (1) Lulusan SD
diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. (2)
Lulusan SD diharapkan dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia. (3)
Penggunaan bahasa harus sesuai dengan situasi dan tujuan berbahasa. (4)
Pengajaran disesuaikan dengan tingkat pengalaman siswa SD. Butir (1)
dan (2) menunjukkan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia SD yang
mencakup tujuan pada ranah kognitif dan afektif. Butir (3) menyiratkan
pen-dekatan komunikatif yang digunakan. Sedangkan butir (4) menyiratkan
sampai di mana tingkat kesulitan materi pelajaran Bahasa Indonesia yang
diajarkan.
Dari tujuan tersebut jelas tergambar bahwa fungsi pengajaran bahasa
Indonesia di SD adalah sebagai wadah untuk mengembangakan kemampuan
siswa dalam menggunakan bahasa sesuai dengan fungsi bahasa itu, terutama
sebagai alat ko-munikasi. Pembelajaran bahasa Indonesia di SD dapat
memberikan kemampuan dasar berbahasa yag diperlukan untuk melanjutkan
pendidikan di sekolah menengah maupun untuk menyerap ilmu yang
dipelajari lewat bahasa itu. Selain itu pembelajaran bahasa Indonesia
juga dapat membentuk sikap berbahasa yang positif serta memberikan dasar
untuk menikmati dan menghargai sastra Indonesia. Dalam pembelajaran
bahasa Indonesia perlu diperhatikan pelestarian dan pengembangan
nilai-nilai luhur bangsa, serta pembinaan rasa persatuan nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar